6 Penyebab dan Tata Cara Mandi Wajib

Mandi wajib hukumnya adalah fardhu ain. Ini artinya adalah wajib. Seseorang diwajibkan mandi wajib karena beberapa sebab. Lalu apa saja penyebabnya? Berikut ini adalah 6 penyebab mengapa seseorang baik laki-laki dan perempuan diwajibkan mandi wajib atau mandi jinabah.

  1. Keluarnya mani

Penyebab yang pertama mengapa seseorang diwajibkan mandi jinabah adalah karena dia telah mengeluarkan mani. Keluarnya mani bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti mimpi basah dan hubungan badan.

  1. Berhubungan suami-istri

Penyebab selanjutnya memgapa seseorang harus mandi wajib adalah bertemunya dua kelamin (jima’). Dan ada beberapa pendapat meskipun pasangan suami istri berkumpul dan tidak keluar mani, keduanya tetapi dihukumi wajib untuk mandi jinabah. Jadi, ketika pasangan suami-istri melakukan jima entah keluar mani atau tidak, kedua wajib mandi junub.

  1. Haid

Ketika perempuan haid dan selesai masanya, maka ia wajib melakukan mandi wajib. Haid yang merupakan darah kotor merupakan hadats besar. Maka ketika seseorang mengalami hadats besar, ia harus mandi wajib.

  1. Nifas

Selain haid, nifas juga menjadi penyebab seorang wanita harus mandi wajib. Ketika wanita selesai bersalin, di situlah keluar kotoran atau hadats besar. Oleh karena itu, ia wajib mandi jinabah.

  1. Wiladah

Wiladah adalah kondisi di mana wanita telah melahirkan anak. Kondisinya berbeda dengan nifas. Dan momen ini juga yang mengharuskan anda mandi wajib.

  1. Meninggal dunia

Ketika seseorang meninggal dunia (bukan mati syahid), maka mayit tersebut wajib dimandikan.

Mandi Wajib adalah mandi yang diwajibkan oleh agama Islam terhadap semua umat Islam laki-laki dan perempuan yang mukalaf. Mandi junub adalah termasuk dari perkara syarat sahnya shalat seseorang, sehingga jika kita tidak melakukannya dengan benar maka mandi junub tidak dianggap sah. Sehingga tubuh belum terlepas dari hadats besar. Agar mandi wajib tidak sia-sia, dan ibadah sah maka ikutilah tata cara mandi wajib di bawah ini.

  1. Niat

Pada dasarnya, tata cara mandi wajib antara laki-laki dan perempuan itu sama. Niatnya secara umum pun sama. Namun ada beberapa pembeda sebagai penegas dalam niat. Adapun niat mandi wajib di antaranya adalah sebagai berikut:

Niat mandi wajib umum

نويت الغسل لرفع الحدث الأكبر فرضا لله تعالى

Niat mandi wajib haid

نويت الغسل لرفع الحدث الحيض فرضا لله تعالى

Niat mandi wajib nifas

نويت الغسل لرفع الحدث النفاس فرضا لله تعالى

  1. Membasuh tangan

Basuhlah tangan sebanyak 3 kali. Dan ketika membasuh tangan inilah waktu di mana anda harus membaca niat mandi wajib secara bersamaan.

  1. Membersihkan kotoran dan najis

Bersihkanlah kotoran atau najis yang menempel pada tubuh setelah membasuh tangan. Kotoran yang dimaksud di sini bisa berupa mani, darah haid atau darah nifas.

  1. Berwudhu

Keluarnya mani, haid dan nifas merupakan penyebab anda mandi wajib. Ketiganya adalah bentuk dari hadats besar. Namun sebelum mandi, anda harus berwudhu. Berwudhu memiliki fungsi dan manfaat untuk menyucikan diri dari hadast kecil. Jadi sebelum membersihkan hadats besar, diharuskan untuk berwudhu terlebih dahulu untuk membersihkan hadats kecil. Berwudhu seperti anda berwudhu ketika hendak sholat.

  1. Mandi wajib

Tahap selanjutnya ketika mandi wajib adalah mandi. Mandi wajib harus dilakukan dengan benar, sehingga anda bisa melaksanakan ibadah seperti sholat, puasa, membaca Al-Qur’an, masuk masjid sebagaimana mestinya.

Dan itulah 6 penyebab dan tata cara mandi wajib yang benar sesuai syariat Islam. Anda mesti memerhatikannya dengan benar.